My Writings. My Thoughts.

Kecerdasan Buatan pada WEB (CleverBot)

On » Senin, 29 Maret 2010 //
Ada yang tahu apa itu kecerdasan buatan atau sekarang yang disebut AI??

AI atau kecerdasan buatan adalah suatu entitas buatan manusia untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu yang dihadapi manusia.

Kecerdasan buatan ini biasanya dimasukkan dalam suatu mesin dalam berbagai bidang, seperti misalnya bila kita suka bermain game perang (Counter Strike, Point Blank dll), maka kita bisa tidak bermain dengan player lain, tapi bisa juga bermain dengan komputer sebagai lawan atau musuh yang bisa back up tim kita atau memusnahkannya.

Atau dalam hal lain misalnya ketika sebuah perusahaan yang memproduksi barang tertentu, maka perusahaan tersebut dapat mensetting mesin yang beroperasi untuk melakukan hal tertentu sehingga dapat memudahkan dan mempercepat proses produksi menjadi lebih optimal.
Sebenarnya AI ini bukan hal yang benar-benar baru, dari salah satu web yang saya dapat menyebutkan bahwa


"Program AI pertama yang bekerja ditulis pada 1951 untuk menjalankan mesin Ferranti Mark I di University of Manchester (UK): sebuah program permainan naskah yang ditulis oleh Christopher Strachey dan program permainan catur yang ditulis oleh Dietrich Prinz. John McCarthy membuat istilah "kecerdasan buatan " pada konferensi pertama yang disediakan untuk pokok persoalan ini, pada 1956."


Sekarang adalah masa dimana kecerdasan buatan semakin berkembang dari hari kehari.
Sebagai contoh, kita bisa melihat dari banyaknya perkembangan robot yang bisa melakukan banyak hal, bahkan di buat untuk bisa mempelajari hal baru yang ditemui.
Sebagai contoh nyata kecerdasan buatan yang bisa mempelajari hal baru adalah melalui chatting dengan CleverBot di cleverbot.com


Pada CleverBot ini, kita bisa chatting dengan mesin yang akan menjawab segala pertanyaan atau membuat pernyataan baru yang telah disediakan pada databasenya.
Jadi sistem yang disediakan pada CleverBot ini adalah menyimpan semua pertanyaan orang-orang yang telah chat dengan mesin tersebut kedalam database, kemudian bila ada pertanyaan baru yang kira-kira mirip atau sama, mesin akan menjawab dengan jawaban yang paling memungkinkan tapi RANDOM atau ACAK.


Berikut adalah contoh mengapa saya bilang kalau jawaban yang diberikan bersifat random
Pada saat saya bertanya 
"do you know me?"
CleverBot menjawab
"No."
Berbeda dengan yang satu ini.
CleverBot menjawab dengan
"Nope my brother told me about you"


Jawaban tersebut tidak sama dengan apa yang saya tanyakan.
Tapi karena itu juga CleverBot ini disebut produk "cacad" karena ada informasi yang menyebutkan bahwa sebenarnya kita chatting dengan orang lain yang juga saat itu sedang mengakses dengan room yang sama.
Bisa dilihat disini.


Tapi menurut saya, hal ini bukanlah sistem cacad yang disebutkan, namun memang murni AI yang sudah bisa dipertanggungjawabkan.




Jangan Lupa comment ya hehehehe makasih ;)

No Response to "Kecerdasan Buatan pada WEB (CleverBot)"

My videos. Featured videos.

wibiya widget

My photos. Now you know me.

Me n Her

Me n Her

Label

Browse Flickr

My lifestream. Stay updated with me.

Time

Reuters: Internet News

Followers

Jumlah Pengunjung

Page Rank

My favblog. Feeds from them.

    Comment Area

    Name :
    Web URL :
    Message :
    :) :( :D :p :(( :)) :x

    Sponsor by Oggix

    Free Shoutbox Technology Pioneer